Pulau Belitung

Posted: 30/08/2009 in Harta Karun Tanah Airku

Semua ini kekayaan negeriku….jangan pernah kau rebut.Oke Sob!!!

“Belitung adalah tempat yang memiliki kemungkinan sangat kecil bagi gelombang Tsunami”. Hal ini perlu saya tegaskan karena sebagian anda mungkin takut untuk ke pantai karena kejadian Tsunami akhir-akhir ini. Belitung terletak di sisi Timur, berlawanan dari pantai barat Sumatera dan juga di sisi berlawanan dari pantai-pantai di Selatan Jawa, Bali dan Lombok, dimana potensi Tsunami masih ada karena menghadap patahan Samudera Hindia. Mari kita lihat peta Indonesia di atas. Tidak ada gunung berapi di Belitung dan di daerah sekitarnya seperti pantai Timur Sumatera dan pantai Barat Kalimantan. Di bagian Utara di Laut Cina Selatan, juga tidak ada gunung berapi. Jadi, jangan takut. Kemungkinan besar TSUNAMI tidak akan pernah datang ke Belitung.

Belitung ada di sini, terletak di 107o 35′ – 108o 18′ garis lintang dan 2o 30′ – 3o 15′ bujur Timur. Panjang diameter dari Timur ke Barat kira-kira 79km dan dari Utara ke Selatan kira-kira 77km. Total luar daratan kira-kira 480.060 hektar. Belitung dikelilingi oleh 189 pulau-pulau kecil. Beberapa diantaranya cukup besar dan terdapat beberapa desa. Meraka adalah pulau Mendanau, pulau Seliu, pulau Nadu, pulau Selanduk dan pulau Batu Dinding.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat peta Indonesia. Di bagian Utara dari pulau Jawa, di sebelah Barat Kalimantan dan di sebelah Timur Sumatera, anda bisa melihat sebuah pulau berbentuk seperti kepala manusia, seperti gambar diatas. Belitung terletak diantara laut Cina Selatan di bagian Utara, lut Jawa di Selatan, selat Gaspar di Barat dan selat Karimata di Timur. Di bagian Barat, anda bisa melihat pualu Bangka yang besarnya dua kali pulau Belitung. Bangka juga terkenal dengan pantai-pantai yang indah dan tujuan wisata menarik lainnya.

Seperti halnya iklim tropis, temperatur udara pada siang hari antara 28-31 derajat Celcius dan pada malam hari antara 24-26 derajat Celcius, untuk hampir sepanjang tahun. Pada masa bulan Oktober – April, intensitas hujan akan lebih tinggi dan saat tersebut bukan waktu yang baik untuk berkunjung, karena pantai biasanya kurang menarik pada saat hujan lebat. Sesanya, pada April – Oktober adalah waktu yang tepat, dan anda bisa menikmari siraman sinar matahari selama 12 jam sehari.
Lebih jauh lagi, silahkan lihat peta yang kami sajikan. Ukuran pulau Belitung hanya sedikit lebih kecul dari pulau Bali. jadi jangan khawatir, anda tidak akan tersesat di sana.
Artikel ini aku copy paste dari : http://www.belitungisland.com/

Walau hanya copy paste, tapi aku hanya ingin harta karun tanah airku ini tak jadi milik orang lain…OK Sob!!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s